10 September 2007

DIANDRA, MY TRULY BEST FRIEND

Cerita ini adalah bagian keempat, dari seri pertama "Marisha Mama Gaul" supaya gak bingung sama isi ceritanya silahkan baca 3 episode sebelumnya... Selamat membaca!!!

“Ting…Tong…” Terdengar bel pintu depan berbunyi, cepat-cepat kuhapus sisa air di sudut mataku. Lalu segera kulangkahkan kaki menuju pintu ruang tamu.
“Ya ampun Marisha…..” Suara terkejut dari seorang perempuan usia akhir 20an. Dia Diandra, sahabatku sejak mengikuti pemilihan wajah sampul majalah PUTRI.
“Hai Darling…” Aku hanya bisa menyambutnya dengan senyum salah tingkah. Aku sudah bisa menduga setelah ini akan keluar caci maki dari bibir mungilnya.
“Oh No… No… Marisha. Gila lu ya… perasaan terakhir gue ketemu, pas lu kawin di Surabaya ukuran lu masih S semua, tapi sekarang sudah L… oh No.. XL…” Lalu jari-jari tangannya yang tampak sangat terawat, sibuk mencubit-cubit pinggangku, seakan aku barang pajangan. Yah Diandra adalah sahabatku yang paling jujur mengatakan apapun yang dipikirkannya tanpa mau tau apakah kata-katanya itu akan menyakiti hatiku atau tidak. Tapi mungkin karena alasan itu juga persahabatanku dengan Diandra terus bertahan melewati waktu, kenyataannya dia adalah teman terbaik yang pernah kumiliki. Yang sudah menemaniku melewati saat gembira dan banyak masa-masa sulit.
“Yah gitu deh… masuk yuk” ajakku kemudian
“Lu bener-bener nggak bisa dimaafkan Sha, lu utang cerita ke gue kenapa bisa jadi begini!” Matanya menatapku tajam menuntut penjelasan. Dia keliatan semakin cantik, Oh My God kenapa Diandra masih bisa terus cantik setelah tahun terus berganti.
“Yah aku kan baru melahirkan Di, beratku naik 25kg waktu hamil Nara, trus pas melahirkan cuma hilang 7 kg, tapi kayanya sekarang juga sudah naik 5 kilo-an lagi sih”
“Aduh alesan lu ya… ada yang lebih kreatif gak sih? Lu melahirkan udah enam bulan yang lalu Sha… Arzeti aja bisa langsung kurus, dasar aja elunya males banyak alesan”
“Ya iyalah… diakan model perawatan tubuh puluhan juta itu. Aku sih males Di ngabisin duit buat gituan” jawabku cuek
“Ampun Marisha… Kalau cuma buat perawatan Abi mah pasti masih mampu. Buktinya bisnis dia bisa sampe nembus Jakarta. Ini cuma soal kemauan elu aja… liat nih, udah bodi lu ancur, rambut lepek, kulit muka lu juga pasti udah lama banget kan gak facial… dan baju lu ini lho say, gak ada yang lebih buruk rupa lagi ya” Diandra terus bicara dengan semangat 45. Hehehe… kalau saja aku belum mengenalnya sedekat sekarang, aku pasti sudah sakit hati mendengar caci makinya, tapi aku tau dia tidak sedang bermaksud menyakitiku. Dan lebih dari itu, aku juga menyadari…bahwa semua yang dia katakan nyaris benar apa adanya. Aku memang mengerikan…
“Sha… jangan ngelamun donk” Sekarang tatapannya memelas, bibirnya sedikit maju ke depan karena cemberut.
“Enggak ngelamun kok, aku cuma takjub ngeliat kamu makin bawel gini… herannya aku kok ya betah ya jadi sahabat kamu… hihihi”
“Tapi Sha.. lu bener-bener keliatan menyedihkan. Gue emang belum pernah kawin dan punya anak. Tapinggak harus jadi kaya gini kali Sha kalau lu udah punya anak.. temen-temen gue yang punya anak juga pada bisa balik lagi kok ke bentuk tubuhnya semua”
“….” Aku hanya menghela nafas panjang, emang bicara selalu lebih gampang.
“Lu tau gak…tadinya gue kesini mau nawarin elu ikutan audisi untuk iklan susu kesehatan, tapi ngeliat lu gini bisa-bisa penonton jadi ketakutan, setelah minum susu kesehatan itu ntar jadi gede kaya elu” Diandra memang menjadi salah satu Creative Project Leader di sebuah Advertising Company yang cukup punya nama di Jakarta.
“Hehehe… ya udah aku diikutkan audisi iklan obat pelangsing aja, tapi untuk yang sebelum… hehehe” Kataku sok melucu.
“Gue gak lagi becanda Sha…” Diandra menatapku tajam
“Tapi kan hidup gak melulu soal langsing, cantik, terawat Di… banyak kok cara yang bisa kita lakukan untuk membuktikan diri sebagai perempuan yang hebat”
“Trus lu nganggep cara yang lu pilih ini hebat… tampang kucel, kumel mengerikan ini patut dapet acungan jempol, come on Sha.. gak usah munafik. Orang yang menarik selalu punya kesempatan lebih dari mereka yang tampang apa adanya asal-asalan… “
“Tapi kan gak selalu orang menilai kita Cuma dari penampilan Di”
Halah omong kosong dari mana pula itu, tetep aja Sha… kesan pertama ya dari penampilan. Kalau orangnya rapi dan cantik yang langsung kebayang ya orang ini bisa mendisiplinkan dirinya… hidupnya teratur dan terencana”
“Tapi gue nggak punya waktu buat segala macam urusan dandan dan tetek bengek itu Di, waktu gue sudah habis buat Nara..”
“Gombal… itu alesan lu aja. Lu liat nyokap lu sha, menghabiskan hidupnya buat ngerawat elu sama bokap… gak ngebikin dia jadi kucel, jelek kaya elu sekarang kan…” Kali ini kata-kata Diandra sangat mengena. Dia memang mengenal Ibu dengan baik, karena beberapa kali Diandra mampir dan menginap di rumah kami saat di Surabaya. Dan apa yang dikatakan Diandra barusan memang benar, berada di rumah, merawatku dan Bapak, tak membuat ibu lupa untuk merawat dirinya.
“…” lagi-lagi aku hanya bisa menghela nafas panjang
“Sha… gue akan dukung lu buat berubah. Dan lu harus berubah Sha… tapi dukungan gue akan percuma kalau lu sendiri gak ada niat buat berubah. Pikirin Nara… mungkin suatu saat dia akan merasa malu punya nyokap gendut dan tak terawat kaya elu, Abi juga bukan nggak mungkin tergoda ngelirik cewe lain kalau tiap hari di rumah disajikan pemandangan karung beras kaya bgini, dan buat diri lu sendiri… lu pasti jauh lebih sehat dan percaya diri kalau lu bisa lebih langsing dan care ama penampilan lu sendiri” Diandra bicara sambil menatapku dengan serius, suatu hal yang jarang dilakukannya.. dan kini nyaris membuatku kembali menangis. Iya.. apa yang dia katakan benar…bagaimana kalau nanti Mas Abi jadi melirik perempuan lain, bukankan di Jakarta ini ada begitu banyak perempuan cantik dan stylist seperti Diandra… dan aku tentu akan sangat kecewa kalau Nara malu punya Ibu sepertiku, selain itu belakangan ini aku juga merasa makin mudah lelah, baju dan koleksi sepatuku sudah tak ada yang muat.. membuatku tak cukup punya keberanian untuk bertemu orang-orang. (bersambung)

No comments: